Pessimism

Day 1

Now Playing: New Person, Same Old Mistakes

by Tame Impala


It seems like I’ve already known, mengapa saya menjadi orang yang kurang produktif akhir-akhir ini. Hal itu ternyata disebabkan oleh munculnya rasa pesimis yang entah sejak kapan saya miliki. Dampak dari pesimis yang saya miliki, misalnya memengaruhi bagaimana cara saya memandang dan menjalani kehidupan ini. Sehingga, jika saya menjadi orang yang kurang produktif; malas, maka saya memang menganggap hidup saya tidak perlu seberguna para saintis, dan kawan-kawannya yang harus selalu berkontribusi untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Akan tetapi, rasa pesimis ini tidak begitu saja datang secara tiba-tiba, tentu saja. Rasa pesimis yang saya miliki sekarang dipicu oleh anggapan saya yang menganggap bahwa apapun hal yang berkaitan dengan saya, baik apa yang saya lakukan maupun ideologi apa yang saya pegang, dan sebagainya tidak akan pernah diapresiasi oleh siapapun atau dengan kata lain, saya sudah berpikir negatif duluan.

Jadi, seperti, buat apa saya melakukan itu semua kalau pada akhirnya akan menjadi suatu kesia-siaan?

Saya tidak tahu mengapa saya mengharapkan apresiasi dari lingkungan sekitar saya. Apa mungkin ini akibat karena saya yang terlalu peduli pada hal yang dilakukan orang-orang di sekitar saya yang butuh dihargai segala apa yang mereka lakukan dan tetapkan? Sebentar, apa benar saya sepeduli itu? Apa saya ini juga seorang cenayang? Tahu dari mana kalau setiap orang butuh diapresiasi?

Saya bahkan terlalu malas untuk menganggap apa yang sedang saya pikirkan sekarang memang sesuatu yang harus segera diselesaikan.


Next Song: Doria

by Ólafur Arnalds

Leave a Reply

